allpollung

October 23, 2013

promosi komoditas pertanian humbahas belum berhasil

allpollung.blogspot.com
Komoditas Pertanian Humbahas, dok.allpollung
Doloksanggul,Upaya Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) mendongkrak nilai komoditas pertanian dan usaha kecil menengah (UKM) ke masyarakat luar melalui kegiatan pameran dan promosi di berbagai daerah, hingga saat ini belum menunjukkan hasil yang signifikan terhadap permintaan pasar atau konsumen.

"Pemerintah Kabupaten Humbahas secara kontinyu melakukan kegiatan promosi baik melalui pameran, namun dampaknya belum dapat dilihat secara nyata," kata Kabag Perekonomian Humbahas, Darwin Sihotang kepada MedanBisnis, Senin (21/10) di ruang kerjanya.
Lanjut Darwin, bahwa kegiatan promosi yang dilakukan misalnya dari kegiatan pameran, merupakan kegiatan jangka panjang bukan jangka pendek. 

Kendati hasilnya belum maksimal, namun upaya promosi untuk komoditas hasil petanian dan kerajinan cukup diapresiasi, di mana beberapa pengusaha tertarik untuk menjalin kerja sama.
"Namun kendala dihadapi dari peningkatan kerja sama dari pengusaha yang tertarik dengan komoditas tertentu, terganjal karena masyarakat belum siap sepenuhnya untuk permintaan yang diharapkan. Karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi masyarakat, apakah itu dari segi kualitas sesuai dengan tuntutan pasar," ujarnya

Ke depan, katanya, akan dioptimalkan fungsi koordinasi antara stakeholder di Humbahas, guna menyiasati segala kelemahan yang dialami para pengusaha di Humbahas yang bergerak di bidang UKM maupun produk pertanian, apakah itu dari permintaan produk halal maupun standar mutu pasar yang serba kompleks.

Dari data yang ada saat ini, lanjut Darwin, hasil komoditas yang diminati pasar adalah produksi kopi luwak, ubi jepang dan kentang. Sedangkan untuk UKM kerajinan tangan kayu dan rotan  atau ukiran masih belum diminati, kendati Kabupaten Humbahas memiliki potensi SDA yang cukup di Kecamatan Tarabintang.

"Maka idealnya nilai promosi daerah Humbahas akan lebih dimaksimalkan dengan pembenahan SDM masyarakat, dengan harapan antara masyarakat dengan pengusaha agar lebih simultan," katanya.(medanbisnisdaily)

No comments:

Post a Comment