allpollung

July 23, 2013

potensi sumber daya alam Kab.Humbahas

allpollung
sumber photo parhaminjon

Kabupaten Humbang Hasundutan,merupakan kabupaten dengan tingkat Jumlah penduduknya  -/+ 90% yang berbasis pertanian,fakta tersebut tidak bisa kita pungkiri dan itu menyatakan bahwa kabupaten Humbahas memiliki keanekaragaman sumber daya alam hayati dan akan menjadi tulang punggung perkembangan perekonomian yang berkelanjutan,tetapi pemkab humbahas khususnya para pengambil kebijakan harus merumuskan tata cara pengelolaan sumber daya alam tersebut.

Kekayaan alam di kabupaten Humbanh Hasundutan Lumayan melimpah,antara lain :

  1. Kabupaten Humbang Hasundutan,terletak pada jajaran punggung Bukit Barisan atau daerah trofis dan memiliki curah hujan tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang hidup.
  2. Kabupaten Humbang Hasundutan,Berpotensi dalam pengembangan Pariwisata alam misalnya,alam Danau toba dari bakkara.
  3. Kabupaten Humbang Hasundutan,Terkenal akan Kuda (Hoda) peternakan.
  4. Kabupaten Humbang Hasundutan,Berpotensi Jadi penghasil Kemenyan dan kopi dimana kemenyan dan kopi bias dijadikan aikon komoditas utama humbang,dengan catatan jajaran pemkab ada kemauan dalam menumbuh kembangkan komoditas tersebut.

Sumber Daya alam di Kabupaten Humbang Hasundutan tidak terbatas pada keyaan hayatinya dan Pariwisatanya saja,Kemungkinan besar jenis bahan tambang seperti,emas,timah,gas alam,tembaga,bias ditemukan dalam bumi kabupaten humbang hasundutan.cuman dalam hal tambang bumi masih perlu pengkajian mendalam atau penelitian.(frangky Lg)