allpollung

May 22, 2013

Kab.Humbahas Humbang Hasundutan Berpotensi Jadi Penghasil Kemenyan dan Kopi.

Kab.Humbahas”Humbang Hasundutan” Potensial Jadi Penghasil Kemenyan (haminjon) dan Kopi.

Kab.Humbahas Humbang Hasundutan Berpotensi Jadi Penghasil Kemenyan dan Kopi.
kopi Humbang dan potensinya bagi masyarakatnya
“Humbahas sangat berpotensi jadi salah satu daerah yang berbasis pertanian tanaman tua contohnya Kemenyan dan kopi,untuk itu perlu perhatian yang sangat komprehensip  dari pemerintah”.

Pemerintah daerah Pemkab Humbahas sudah sepatutnya mengembangkan pontensi Daerahnya sebagai pelaksana percepatan pembangunan Ekonomi Indonesia,sesuai komoditas unggulan daerahnya dimana kabuten humbahas/humbang habissaran punya potensi untuk pengembangan sektor perkebunan Kemenyan dan Kopi,dimana kab.humbahas salah satu kabupaten di provinsi sumatera Utara penghasil kemenyan dan kopi atau mungkin juga sudah masuk peta pertanian di Indonesia yang berbasis product unggulan.

Selain komoditas Kemenyan dan Kopi,tanaman tanaman muda juga berpotensi besar untuk dikembangkan.untuk pengembangan komoditas-komoditas lainya,pemerintah setempat harus menjalin kerjasama dengan pihak swasta yang saling menguntungkan.
Op.Elga dan Op.Gogma  menambahkan selain lahan tidur yang masih luas,produk kemenyan dan kopi humbang sangat terkenal sampai kemancanegara dan itu menjadi nilai tambah dalam pengembangan komoditas tersebut.

Kab.Humbahas Humbang Hasundutan Berpotensi Jadi Penghasil Kemenyan dan Kopi.
kopi humbang
Selama ini kopi dan kemenyan jadi tulang punggung perekonomian bagi kebanyakan masarakat humbang khususnya kabupaten humbahas,oleh karna itu hendaknya pemerintah setempat menggandeng perusahaan atau peneliti pertanian untuk melakukan riset mengenai lahan yang cocok dalam pengembangan tanaman kopi dan kemenyan.

Pemerintah pusat saat ini dalam hal ini Menteri Perindustirian tengah menyiapkan program untuk memaksimalkan produksi kopi dan investasi kopi termasuk pemetaan daerah-daerah yang berpotensi dalam pengembangan produk unggulan pertaniaan.

Kopi dan kemenyan menunjukkan potensial untuk dikembangkan meskipun sebagaian orang berpendapat bahwa produk pertaniaan itu tidak layak untuk dikembangkan di daerah humbang,saya anak putra daerah dari humbahas hanya ingin memberikan satu usul atau pandangan saja bahwa pada umumnya anak-anak dari humbang berkata,”saya bisa bersekolah karena kopi & Kemenyan” dan saya berkeyakinan pasti bisa dikembangkan.(frangky Lg).

No comments:

Post a Comment